Kamis, 07 Agustus 2008

SALAH SATU POTENSI SANGGAU

Pengembangan Potensi Perikanan di Sanggau masih type C

Luas perairan umum di Kabupaten Sanggau yang mencakup sungai, danau, bendungan, rawa dan genangan air lainnya mencapai 200.000 ha. Belum difunsikan dengan optimal untuk kesejahteraan Masyarakat Sanggau pada umumnya dan maih dibiarkan terbengkalai seperti istana berlian yany tak bertuan. Dengan luas perairan darat yang sangat potensial itu sebenarnya dapat difungsikan untuk penbudidayaan ikan dalam berbagai bentuk pembudidayaan ikan seperti Karamba, Karamba Jaring Apung, Kolam Air Deras (KAD) dan Karamba Jaring Tancap (KJT) sangat besar, apalagi di Kabupaten Sanggau sudah dibangun sarana dan prasarana penunjang kegiatan budidaya seperti, Balai Benih Ikan (BBI), Pasar Benih Ikan (PBI), Terminal Benih Ikan (TBI) dan Pasar Ikan yang diharapkan dapat memberi dampak yang lebih baik bagi perkembangan budidaya perikanan di Kabupaten Sanggau.

Potensi Sumber Daya Alam (SDA) untuk pengembangan budidaya perikanan cukup besar dan tersebar hampir diseluruh kecamatan terutama sungai dan perairan umum untuk pengembangan karamba, karamba jaring tancap dan kolam air deras. Produksi perikanan budidaya belum berkembang secara optimal, berskala kecil (belum berorientasi pasar), tidak merata dan terpencar-pencar. dengan mengoptimalkan pengembangan perikanan di Kabupaten Sanggau dengan meningkatkan produktivitas sistim pembudidaya.maka peluang pasar yang sangat terbuka bagi hasil produksi perikanan baik pasar lokal maupun luar negeri melalui pelabuhan darat antar Negara yaitu PPLB Entikong dapat dikuasai dan menjaikan income bagi mayarakat dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Kriteria pengembangan Perikanan di Kabupaten Sanggau masih type “ C “ dalam arti teknologi yang dipergunakan masih tradisional sederhana, dan suplai Benih ikan masih tergantung dari Balai Benih Ikan, kita ketahui jumlah penduduk Kabupaten Sanggau sebesar 377.199 jiwa dengan konsumsi ikan perkapita sebesar 7,85 kg/kapita / tahun, jauh dibawah standar nasional yaitu sebesar 26 kg/kapita/tahun, jadi masih kekurangan 18,15 kg/kapita/tahun. Dengan kata lain kebutuhan ikan di Kabupaten Sanggau cukup tinggi akan tetapi produksinya belum mampu memenuhi kebutuhan tersebut.(Ln)

Tidak ada komentar: